Hey Guys Welcome back to my blog! apa kabar semua? Semoga sehat selalu ya. . Di artikel ini saya akan membahas tentang "Content Marketing & Media Sosial Dengan Konsep Editorial Plan" yang masih berkaitan dengan artikel sebelumnya yaitu konsep OKR dan SMART.
Bagaimana Penerapan Editorial Plan ?
Sebelum
saya memasukkan ke image Content calender Editorial Plan, saya akan membuat OKR terlebih
dahulu. Apa sih Objective yang perlu dikejar ketika menyusun Editorial
Plan? dan apa Key Result yang menunjukkan Objectivenya tercapai?.
Contohnya :
Objective : Menjadikan bisnis Lumpia Semarang berskala global
Key Result :
1. Mendapatkan penjualan Lumpia Semarang sebanyak 100 porsi per hari
2. Mengadakan promo, give away, dll. Untuk mendapatkan timbal balik berupa awareness, keuntungan, promosi barang dan juga lainnya.
3. Menghadirkan kemasan baru seperti vacuum sehingga aman dan bisa untuk dikirim ke luar kota dan Singapura
Dan ini adalah contoh image Content calender dari Editorial Plan yang sudah dibuat :
Berikut ini dalah pembahasan mengenai Editorial Plan...
"Apa itu Editorial Plan ?"
Editorial plan adalah elemen wajib dalam perencanaan content marketing. Membuat editorial plan secara rutin dan konsisten akan membantu dalam memproduksi konten secara konsisten dengan kualitas yang baik. Dan bisa menggunakan berbagai Topic Research tool untuk mendapatkan ide menarik. Nah, setelah menentukan topik yang tepat dan fomat yang sesuai, bisa dapat menempatkannya pada kalender konten untuk mempermudah penjadwalan konten.
Mengapa Editorial Plan itu Penting ?
Editorial plan penting karena untuk mencapai tujuan bisnis sesuai dengan yang audiens inginkan. Serta informasi yang diunggah dimedia sosial tentunya tidak bisa dikelola secara serampangan. Asal tulis, asal unggah, tanpa sebuah editorial plan. editorial plan mulai diidentifikasi siapa target pembaca kita. Personifikasi target pembaca yang tepat diperlukan supaya kita dapat mengemas informasi yang akan disajikan dalam format yang pas. Misal, seperti apa cara bertuturnya, juga gaya bahasa yang sebaiknya digunakan. Proses di tahap ini juga menentukan saluran distribusi apa yang mesti dipilih sebagai prioritas untuk mencapai target audien yang optimal.
Hal penting yang ada dalam editorial plan adalah alokasi anggaran dan timeline. Di media sosial, pilihan waktu kapan sebuah isu ditampilkan ke publik menjadi hal yang krusial. Waktu terbaik tersebut bisa diketahui dari analisis data yang bisa didapat dari insight media yang kita gunakan. Google Analytics, Facebook, Instagram, Youtube sudah menyediakan semua data tersebut. Editorial plan yang baik sejak awal menjadi kunci dalam memenangkan persaingan dan juga ada di titik-titik awal dari proses dan strategi content marketing tersebut. Inilah yang membuat proses editorial plan sangat penting.
Jadi, semua proses editorial adalah seberapa besar jumlah audiens yang bisa kita capai. Namun, hal ini baru bisa dicapai kalau berawal dari editorial plan yang baik.
Pembuatan artikel ini adalah sebagai tugas dari mata kuliah kewirausahaan dari kampus Institut STIAMI yang dibimbing oleh Bapak Endra Marsudi, B.Ag., MBA
(Penulis : Anifa Purwaningsih - CB191110132)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tambahkan komentar sesuai dengan topik, terima kasih.